About

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hi…
Selamat datang di blog saya, blog ini saya buat untuk membantu kelancaran dalam proses mengajar saya. Saya sekarang mengajar di salah satu perguruan tinggi negeri, yaitu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro yang dulunya bernama Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jurai Siwo yang berada di Kota Metro, Provinsi Lampung.

Saya mulai mengajar di universitas tersebut pada tahun 2014, saat itu salah satu teman Saya yang sudah mengajar di STAIN Jurai Siwo mengajak saya untuk mengajar karena saat itu salah satu dosen di STAIN Jurai Siwo yang mengajar mata kuliah Fiskal dan Moneter sedang menjalani pendidikan. Seiring dengan keinginan saya untuk membagi ilmu yang saya miliki, saya beranikan diri untuk menerima tawaran itu.

alhamdulillah sampai dengan blog ini saya buat, sudah 3 tahun lamanya saya mengajar di universitas tersebut. Semoga bisa berlanjut seterusnya, aamiin. oh iya sekarang saya juga mengajar mata kuliah yang berhubungan dengan pekerjaan saya sekarang, yaitu yang berkaitan dengan perpajakan.

Pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro saya bertugas sebagai Dosen Luar Biasa (ini alasan saya mengambil judul blog ini hihihi…) atau biasa disebut Dosen Praktisi yang berstatus sebagai Dosen Tidak Tetap. Ada yang belum tau apa itu Dosen Luar Biasa? atau malah belum tahu apa definisi dari dosen? sama saya juga hehe…

Hasil dari googling mencari peraturan yang menjelaskan pengertian apa itu dosen dan dosen luar biasa (DLB) didapatkan peraturan berikut :

Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Peraturan Pemerintah nomor 37 tahun 2009 tentang Dosen.
kalo ada yang punya peraturan yang terbaru tolong saya diberitahu ya (komen aja di artikel ini).

Menurut Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pengertian Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Pada pasal 48 Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, disebutkan status dosen terdiri atas dosen tetap dan dosen tidak tetap. Didalam penjelasannya, yang dimaksud dengan dosen tetap adalah dosen yang bekerja penuh waktu yang berstatus sebagai tenaga pendidik tetap pada satuan pendidikan tinggi tertentu. Yang dimaksud dengan dosen tidak tetap adalah dosen yang bekerja paruh waktu yang berstatus sebagai tenaga pendidik tidak tetap pada satuan pendidikan tinggi tertentu.

Baca : Pembagian Dosen Menurut Status Ikatan Kerja (Dosen Tetap, Tidak Tetap, Honorer)

Untuk sementara segitu dulu deh ya 🙂

Jika ada hal-hal mengenai perpajakan yang ingin ditanyakan, silahkan tinggal kan pesan di kolom komentar dibawah. Insya Allah akan saya balas/jawab, tidak akan dipungut biaya hehe…

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s